Berikut
ini adalah kumpulan judul skripsi mahasiswa jurusan Pendidikan Agama
Islam (PAI) UIN Alauddin Makassar Angk. 2003 s/d 2005. Semuanya saya
dapatkan dari Buku Alumni Wisuda ke-53 dan 54 Tahun Akademik 2007 –
2008 di UIN Alauddin Makassar, kampus tercinta saya.
Bagi
teman-teman yang ingin melanjutkan penelitian atau berniat membahas
materi ini, semoga Allah menunjukkan kemudahan dalam pelaksanaannya.
- Faktor-Faktor Penyebab Remaja Putus Sekolah dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Remaja di Leon Desa Tokkonan Kec. Enrekang Kab. Enrekang (Erni)
- Pengaruh Pendidikan Agama dalam Keluarga terhadap Sikap Keagamaan Siswa SMK Tri Tunggal 45 Makassar (Huzaimah)
- Toleransi antar umat beragama dan pengaruhnya terhadap Perkembangan Islam di Kec. Sumarorong Kab. Mamasa Sulbar (Rusli)
- Penerapan Manajemen Pembelajaran Sebagai Usaha Peningkatan Prestasi Belajar Siswa MAN Model Makassar (Suriany)
- Pengaruh Pemberian Remedial Langsung terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kls. VIII (Nasrullah)
- Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Remaja Mengikuti Shalat Berjamaah dan Upaya untuk Mengatasinya di Desa Labuaja Kec. Kahu Kab. Bone (Suhaeba)
- Pentingnya Kompetensi Pedagogik (Sari Yunus)
- Pandangan Pendidikan Islam terhadap Pemahaman Masyarakat Bugis tentang Pemmali di Desa Samaenre Kec. Bengo Kab. Bone (Syamsia)
- Kompleksitas Kehidupan Beragama Remaja Studi Kasus Padang Sappa Kec. Pinrang Kab. Luwu (Kasniati)
- Efektifitas Metode Belajar Advokasi dalam Meningkatkan Minat Belajar terhadap Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1Benteng Selayar (Syaparuddin)
- Pengaruh Penerapan Metode Mengajar terhadap Daya Serap Bahan Ajar Siswa SMP Neg. 26 Makassar (Henny Anwar)
- Dampak Perilaku Guru Terhadap Mutu Pendidikan di SMA Negeri 9 Makassar (Muh. Misbahuddin)
- Problematika Keluarga dan Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak di Desa Kampung Baru Kec. Banda Kab. Maluku Tengah (Abrar Johar)
- Eksistensi Penyuluh Agama Islam dalam Meningkatkan Pengajaran Pengajian Dasar Al-Qur’an pada TPA Ar- Rahaman di Desa Cinennung Kab. Bone (Hermawati)
- Pengaruh Kepribadian dan Kewibawaan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Madrasah aliyah Ponpes An- Nahdah Layang UP Makassar (Rustang)
- Study Kooperatif Efektifitas Antara Metode Revitasi dengan Metode Ceramah Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kls. II SMP Muhammadiyah Makassar (Muslimah Jalaluddin)
- Korelasi Antara Tingkat Kesejahteraan dengan Kesadaran Mengajar Guru di Madrasah Aliyah Ma’had DDI Pangkajene Sidrap (Muh. Anwar S.)
- Studi Tentang Metode Pembinaan Aqidah Islam pada Anak-Anak Cacat di SLB Pembina Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan (Hasmawati)
- Sikap Pesimis Remaja Putus Sekolah di Desa Kabiraan Kec. Ulumanda Kab. Majene dan Cara Mengatasinya Menurut Konsep Pendidikan Islam (Muh. Firdaus)
Skripsi Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Bagian 7
1. PENGARUH
STRATEGI CRITICAL INCIDENT (PENGALAMAN PENTING) TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs. ____________
2. KONSEP PENDIDIKAN INTEGRAL PERSPEKTIF PEMIKIRAN PENDIDIKAN MUHAMMAD NATSIR
3. KORELASI MODEL PEMBELAJARAN OUT BOUND TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN AQIDAH AKHLAK DI SD ____________
4. PENGARUH KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN BAKAT SISWA PADA BIDANG STUDI AL-QUR`AN HADITS DI MIN ____________
5. PERAN GURU PAI DALAM MENANGGULANGI KEMEROSOTAN MORAL SISWA KORBAN MIRAS DI MAN ____________
6. URGENSI AKTIVITAS KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG KONSEP DIRI PENDERITA KUSTA DI DESA ____________
7. PENGARUH PENGGUNAAN METODE PUMPING STUDENT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI ____________
8. PENGARUH
IMPLEMENTASI THE LEARNING CELL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI IPA SMA ____________
9. ENGARUH
MODEL PEMBELAJARAN NON-DIRECTIVE TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR SISWA
PADA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN ____________
10. PENGARUH
STRATEGI SPIRITUAL TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP ____________
11. NISIATIF
GURU AGAMA DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA NEGERI ____________
12. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER PADA MATERI PAI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI ____________
13. PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AKHLAK DAN UPAYA MENGATASINYA DI MADRASAH ALIYAH ____________
14. PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN AL QUR`AN DI MA’HAD ____________
15. IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS 6 DI SDN ____________
16. PENDEKATAN BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) (PERSPEKTIF VYGOTSKY)
17. HUBUNGAN
ANTARA HAFALAN AL-QUR`AN (JUZ `AMMA) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
KELAS XI PADA BIDANG STUDI AL-QUR`AN HADITS DI MAN ____________
18. STUDI KORELASI TEORI BELAJAR SIBERNETIK DALAM EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP ____________
19. KONSEP METODE PENDIDIKAN ISLAM (STUDI PEMIKIRAN PROF. DR. H.M. QURAISH SHIHAB, MA)
20. PROFESIONALISASI GURU PAI MELALUI JALUR PENDIDIKAN PROFESI GURU
21. KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MAHMUD YUNUS
22. UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI ____________
23. APLIKASI
METODE DISKUSI BUZZ GROUP DALAM UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI
INTERPERSONAL SISWA PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA
____________
24. PENGARUH
PENERAPAN METODE BELAJAR RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN
KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI KELAS IX DI SMP NEGERI
____________
25. UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI GANGGUAN BELAJAR SISWA ADHD DI SDN ____________
26. MPLEMENTASI
MODEL DESAIN SISTEM INSTRUKSIONAL BERORIENTASI PENCAPAIAN KOMPETENSI
(DSI-PK) PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA
____________
27. HUMANISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ABDUL MUNIR MULKHAN
28. PENGARUH
IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES TERHADAP PEMBELAJARAN
BIDANG STUDI FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) ____________
29. IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PAI DI SD ____________
30. PENGARUH METODE BEYOND CENTRES AND CIRCLES TIME (BCCT) TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP ____________
31. KONSEP PENDIDIKAN ANAK SHOLEH PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ULWAN
32. PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SDN ____________
33. PERAN PANTI ASUHAN YATIM DARUL HIKMAH SURABAYA DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM ANAK ASUHNYA
34. PENGARUH
STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR
SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM
____________
35. PERANAN
PROGRAM STUDENTS EXCHANGE (PERTUKARAN PELAJAR) DALAM MENDUKUNG PROGRAM
RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMA ____________
36. PENGARUH METODE IBRAH MAUIZAH TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ____________
37. HUBUNGAN AKTIVITAS MAJLIS MUALLIMIL QUR’AN DENGAN KOMPETENSI GURU TK-SD PLUS QIRAATI DI ____________
38. PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP MINAT BELAJAR S1SWA PADA MATERI PAI DI SD ____________
39. PENGARUH
PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN FIQIH SISWA KELAS X DAN XI DI MAN
____________
40. EFEKTIVITAS
PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) TERHADAP PENINGKATAN
KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XII IPA-1 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DI SMAN ____________
41. EFEKTIFITAS
METODE CERAMAH PLUS DEMONSTRASI DAN LATIHAN (CPDL) DALAM MENINGKATKAN
KOMPETENSI PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI ____________
42. UPAYA GURU AGAMA DALAM MEMBANGUN KOMPETENSI BERAGAMA SISWA DI SMA ____________
43. DAMPAK LINGKUNGAN BERGAUL TERHADAP AKHLAK BERBICARA ANAK ASUH YAYASAN PENDIDIKAN DAN PENYANTUN ANAK YATIM ____________
44. STUDI
KORELASI PEMBELAJARAN PKB (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR) TERHADAP
PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA
NEGERI____________
45. FUNGSI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di SMA Negeri ____________)
46. IMPEMENTASI METODE SUPER MEMORY SYSTEM DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MA ____________
47. PENGARUH
PROGRAM PEMBERANTASAN BUTA AKSARA DENGAN METODE PENDEKATAN KEAKSARAAN
FUNGSIONAL TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN WARGA BELAJAR PADA BIDANG
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ____________
48. UPAYA
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR ANAK DISLEKSIA DENGAN PENDEKATAN SAVI
(SOMATIC, AUDITORIAL, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA BIDANG STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN ____________
49. KORELASI
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED
READING AND COMPOSITION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK
BAHASAN AL-QUR'AN HADITS DI MTs ____________
50. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIMES DALAM MEMBANGUN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI R.A ____________
51. PENGARUH KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) TERHADAP PRESTASI SISWA DI SDN ____________
52. EFEKTIVITAS
STRATEGI PEMBELAJARAN REHEARSAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS DI MI ____________
53. KONSEP KESETARAAN GENDER PERSPEKTIF R.A. KARTINI DALAM PENDIDIKAN ISLAM
54. MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF PROF. DR. AZYUMARDI AZRA. MA
55. STRATEGI
GIVING QUESTIONS AND GE TTING ANSWER DALAM MEMBENTUK KO GNITIF ANAK
PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ____________
56. KORELASI SHALAT DLUHA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH ____________
57. INOVASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI ALTERNATIF PEMENUHAN TUNTUTAN MASYARAKAT(SOCIAL DEMAND) DI SMP ____________
58. PENERAPAN PROGRAM KELAS UNGGULAN DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI ____________
59. PEMANFAATAN
PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB) DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI (SMP) ____________
60. KORELASI
ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PAIRED STORYTELLING DAN PRESTASI
BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTs ____________
61. EFEKTIFITAS
PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI BELAJAR METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN
METACOMPREHENSION SISWA PADA MATERI FIQIH KELAS X DI SMA ISLAM
____________
62. IMPLEMENTASI
PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI GIFTED CHILD (ANAK BERBAKAT) DALAM
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI ____________
63. PENGARUH
PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP
KETUNTASAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS IX SMP
____________
64. KONSEP PROPHETIC INTELLIGENCE (KECERDASAN KENABIAN) PERSPEKTIF HAMDANI BAKRAN ADZ-DZAKIEY (STUDI ANALISIS KURIKULUM PAI DI SMA)
64. KONSEP PROPHETIC INTELLIGENCE (KECERDASAN KENABIAN) PERSPEKTIF HAMDANI BAKRAN ADZ-DZAKIEY (STUDI ANALISIS KURIKULUM PAI DI SMA)
Skripsi Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Bagian 6
1. PERANAN
BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
SISWA PADA BIDANG STUDY PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SDN
____________
2. EFEKTIVITAS
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS
SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMPN ____________
3. KEEFEKTIFAN STRATEGI BELAJAR THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS ____________
4. PERAN
MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ____________
5. PERANAN AKTIVITAS PEMUDA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM NON FORMAL DI ____________
6. EFEKTIFITAS
PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
FIQIH SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH ____________
7. Telaah Konsep Pendidikan Akhlak Prespektif Miftahul Luthfi Muhammad.
8. Implementasi
Metode KWL (Know-Want To Know-Learned) Dalam Meningkatkan Keaktifan
Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri
____________
9. EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI BINGO REVIEW DALAM MENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS. ____________
10. konsep belajar konstruktivisme Jean Piaget dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam
11. EFEKTIVITAS
METODE PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED LEARNING (CAL) DALAM
MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI MAWARIS DI SMK TI ____________
12. implementasi
strategi Think, Talk, Write dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa
Pada Pembelajaran Al-Islam di SMK TI ____________
13. Pengaruh
implementasi Strategi index card match (mencocokkan kartu index)
terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri ____________
14. PENGARUH
STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEAKTIFAN
BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN
____________
15. Analisis Konsep Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam.
16. Implementasi Konsep Pengembangan Kurikulum Terintegrasi (Integrated Curriculum) di SMP ____________
17. Pola Pembentukan Karakter Anak Melalui Pendidikan Ramah Anak dalam Perspektif PAI
18. Efektivitas
Strategi Biosmart dalam upaya meningkatkan kreatifitas siswa Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMU Negeri ____________
19. Studi
Komparasi PrestasiBelajar Siswa Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi pembelajaran
generatif di SMA ____________
20. Pengaruh Contingent Praise terhadap motivasi belajar Qur’an Hadist di MA ____________
21. STUDI
KOMPARASI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
BILLBOARD RANKING DI SMA NEGERI ____________
22. PENGARUH
EVALUASI MODEL MATCHING TERHADAP PENGUKURAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ____________
23. IMPLEMENTASI KONSEP HUMANISME RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI ____________
24. Pengaruh Shalat Dhuha Terhadap Ketenangan Jiwa Siswa SMA Negeri ____________
25. Urgensi Entering Behavior Dalam Proses Pembelajaran Bidang Studi Fiqih Di Mts ____________
26. KORELASI
PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN BELAJAR EFEKTIF BIDANG
STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP ____________
27. KONSEP PEMBELAJARAN MENURUT JEROME S BRUNER DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KARYA MUHAIMIN
28. PERAN PENDEKATAN MATEMATIKA AKHLAK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA BIDANG STUDI AKHLAK DI MIN____________
29. IMPLEMENTASI METODE TAKRIR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MADRASATUL ____________
30. URGENSI
BELAJAR MANDIRI (SELF MOTIVATED LEARNING) DALAM MEMAHAMI MATA KULIAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI FKIP JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
UNIVERSITAS ____________
31. PERANAN TAMAN PENDIDIKAN ISLAM ROUDLOTUL KHOIR DALAM MEMBENTUK AKHLAQ ANAK WISMA DI KAWASAN LOKALISASI ____________
32. EFEKTIVITAS
STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE (MENGHIDUPKAN SUASANA
BELAJAR) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDY
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA ____________
33. PENGARUH MEODE QUICK ON THE DRAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA BIDANG STUDI FIQIH DI SMP ISLAM ____________
34. EFEKTIFITAS
PENDEKATAN PUMPING STUDENT TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA
BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMPN ____________
35. ANALISI VALIDITAS PENILAIAN SIKAP PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI ____________.
36. PENGARUH
PENGGUNAAN METODE DISTANCE LEARNING (BJJ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA
____________UNTUK SISWA KELAS XI
37. ANALISIS KISAH-KISAH INTERAKSI EDUKATIF DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
38. IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS EFEKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MA UNGGULAN ____________
39. STUDI
KOMPARASI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM MATERI FIQIH MENGGUNAKAN DAN
TIDAK MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN ADVOKASI DI MAN ____________
40. PENGARUH
MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH)
TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP PLUS
____________
41. PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ( TELAĆH ASPEK PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ATAS PENDIDIKAN ANTIKORUPSI )
42. PENGARUH PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANNEL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN HURUF HIJAIYAH PADA SISWA DI TK ISLAM ____________
43. IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ____________
44. EFEKTIFITAS
METODE DISKUSI KELAS MODEL “FISH BOWL” TERHADAP PENINGKATKAN KEAKTIFAN
BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKHLAK DI MTs. ____________
45. TELAAH KONSEP NASIONALISME PENDIDIKAN SOEKARNO DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
46. EFEKTIFITAS
PENERAPAN METODE IMAGE STREAMING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS XII SMA ISLAM ____________
47. EFEKTIFITAS
STRATEGI GUIDED NOTE TAKING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF
BIDANG STUDI FIQIH SISWA KELAS VIII SMP ____________
48. KUALITAS PROSES PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN SISWA
49. ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS BUTIR SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTPN ____________
50. EFEKTIFITAS TEORI SUCCESSFUL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI DI SDN ____________
51. PERAN
METODE BUZZ GROUP (DISKUSI KELOMPOK KECIL) DALAM MEMBANGKITKAN
MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI
MI ____________
52. EFEKTIVITAS
METODE PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZTION) DALAM
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP
NEGERI ____________
53. EFEKTIVITAS SISTEM PENDIDIKAN GAYA BANK TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI AL-QUR’AN HADITS DI MTs. ____________
54. KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MUHAIMIN
55. EFEKTIFITAS
EVALUASI MODEL CIPP (CONTEXS, INPUT, PROSESS, PRODUCT) TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN ISLAM DI SD____________
56. PENGARUH
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS
VIII SMP NEGERI ____________
57. PENGARUH
METODE RESITASI MELALUI WORLD WIDE WEB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
PADA BIDANG STUDI PAI SISWA KELAS X DI SMAN ____________
58. ANALISIS KONSEP PENDIDIKAN ISLAM AL-MAWARDI DALAM KITAB ADAB AD-DUNYA WA AD-DIN
59. PENGARUH
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “MAKE A MATCH” TERHADAP KECEPATAN
PEMAHAMAN SISWA BIDANG STUDY PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN ____________
60. EFEKTIFITAS
METODE ROTE LEARNING DALAM ILMU TAJWID UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN
MEMBACA AL- QUR’AN DENGAN BAIK DAN BENAR DI SMA NEGERI 2 KOTA
____________
61. URGENSI
MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATION LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN NILAI
DEMOKRATIS PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SD ____________
62. SISWA MUALLAF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ____________
63. PERANAN MEDIA LABORATORIUM KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA ____________
64. PENGARUH
METODE ANDRAGOGI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI SMA ISLAM ____________
65. EFEKTIVITAS PENDEKATAN MINDFUL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ____________
66. ANALISIS
PERATURAN MENTERI AGAMA (PERMENAG) RI NO. 2 TAHUN 2008 DAN
IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH
ALIYAH NEGERI ____________
67. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE OPERANT DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMK NEGERI ____________
68. STUDI
KOMPARASI ANTARA GURU YANG BELUM SERTIFIKASI DENGAN GURU SUDAH
SERTIFIKASI TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI UPTSP (UNIT PELAKSANA
TEKNIS SATUAN PENDIDIKAN) UPTSP SMP NEGERI ____________
69. KONSEP KURIKULUM PROGRESIVISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM
70. PENGARUH PENDEKATAN STOP THINK DO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII C DI SMP ____________
70. PENGARUH PENDEKATAN STOP THINK DO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII C DI SMP ____________
Skripsi Tarbiyah Pendidikan Agama Islam Bagian 5
1. EFEKTIFITAS
STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE,
REVIEW) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDY FIQIH KELAS V
DI MI NEGERI ____________
2. PENGARUH
PENERAPAN TEORI PEMBIASAAN PERILAKU RESPON (OPERANT CONDITIONING) B.F.
SKINNER DALAM PEMBELAJARAN TAJWID TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI
BELAJAR SISWA DI TPQ ____________
3. IMPLEMENTASI AKTIVITAS PEMBELAJARAN OUTBOUND DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI PLAY GROUP ____________
4. UPAYA SEKOLAH OVERLOAD DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI QUR’AN HADITS DI MTS ____________
5. PERAN
PIMPINAN KOMISARIAT IKATAN PELAJAR NAHDLOTUL ULAMA – IKATAN PELAJAR
PUTRI NAHDLOTUL ULAMA DALAM MENUNJANG HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DI SMA ____________
6. EFEKTIFITAS
MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI ____________
7. STIGMA MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH TENTANG AKTUALISASI MORAL PEKERJA TEATER (STUDI KASUS DI UKM ____________
8. IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MI ____________
9. IMPLEMENTASI METODE SKIMMING DALAM PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ____________
10. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KUASAI DALAM MENGEFEKTIFKAN DAYA INGAT PADA MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ____________
11. PENGARUH
METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP
KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI ____________
12. KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF MUHAMMAD QUTHB DAN PROF. DR. HJ. ZAKIAH DARADJAT
13. PEMIKIRAN PENDIDIKAN PRESPEKTIF IKHWAN AL SAFA
14. KONTRIBUSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU “ LA TAHZAN” KARYA ’AIDH AL-QARNI TERHADAP PERKEMBANGAN JIWA REMAJA
15. KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ANTISIPATORIS MOCHTAR BUCHORI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
16. EFEKTIFITAS STRATEGI PEER LESSONS DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI ____________
17. PENERAPAN KONSEP PEMBELAJARAN HOLISTIK UNTUK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Studi Kasus Pada Materi Fiqh di SMA ____________)
18. STUDI KORELASI ANTARA KOMPETENSI GURU DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI ____________
19. HUBUNGAN BURUH WANITA DALAM MEMBAGI WAKTUNYA ANTARA KELUARGA DENGAN BEKERJA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ANAK DI ____________
20. PENGEMBANGAN
ICT (INFORMATION COMMUNICATION OF TECHNOLOGY) INTERNET UNTUK MENGAKSES
INFORMASI SECARA CEPAT DAN INTEGRAF DI SMKN 1 ____________
21. KORELASI ANTARA KEDISIPLINAN DI SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI ____________
22. SIGNIFIKANSI
PENGELOLAAN KELAS DALAM UPAYA MENGATASI KENAKALAN SISWA (STUDI KASUS
DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) ____________)
23. PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SISTEM PENJAMINAN MUTU DI SEKOLAH DASAR ____________
24. PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2000 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI ____________
25. KENDALI MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENINGKATAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN ____________
26. STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN BERTARAF INTERNASIONAL (STUDI KASUS DI SMA ____________
27. DAMPAK
MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING (PEMBELAJARAN YANG DIPERCEPAT)
TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS PADA KELAS
VIII MTS ____________JOGOROTO JOMBANG
28. PARADIGMA PROGRESSIVISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM: KONSEP MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN ISLAM LIBERAL
29. Implementasi
Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk
Membentuk Prilaku Teladan Siswa (Studi Kasus di SMK ____________)
30. HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR ANAK KELUARGA PEMULUNG DI ____________
31. KORELASI PENERAPAN PERMAINAN TIC TAC TOE BERBASIS KOMPUTER DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ISLAM ____________
32. HUBUNGAN
EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DENGAN KEMAMPUAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN
NILAI-NILAI MORAL KEAGAMAAN SISWA DI SMA ____________
33. MASYARAKAT DAN MADRASAH ( STUDI TENTANG PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP MADRASAH DI ____________
34. PENGARUH METODE METAFORA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ KELAS IV DI MI ____________
35. PENDIDIKAN SEKS UNTUK REMAJA DALAM PERSPEKTIF KYAI DI ____________
36. Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Jibril bagi santri Tanfizhul Qur’an di Pondok Pesantren ____________
37. PENGARUH STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI FIQIH DI MTs ____________
38. EFEKTIFITAS
EVALUASI MODEL COUNTENANCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG
STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI ____________
39. ANALISIS KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PROF. DR. H. MUHAIMIN, MA. MENUJU MASYARAKAT MADANI
40. Pengaruh Metode Assesment Search (Menilai Kelas) terhadap Keberhasilan Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri ____________
41. Implementasi
Prinsip Belajar Law Of Exercise Perspektif Edward Lee Thorndike dalam
Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X-11 Pada Pembelajaran
Al-Islam di SMA ____________
42. EFEKTIFITAS PENGAJARAN BERPROGRAMA (LEARNING PROGRAM) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PAI DI SMP NEGERI ____________
43. PENGARUH
STRATEGI PAIKEMI (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF,
MENYENANGKAN DAN ISLAMI) PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK NORMA
RELIGIUS SISWA DI SMA ____________
44. Konsep al – Qur’an tentang Kompetensi Guru (Studi Analisis Tematik Surat al – Qalam Ayat 1 – 4)
45. ANALISIS PEMBARUAN PENDIDIKAN MADRASAH PERSPEKTIF A. MALIK FADJAR
46. Efektivitas
Strategi Reading Guide (Panduan Membaca) Terhadap Peningkatan Hasil
Belajar Siswa Pada Materi Sejarah Kebudayaan Islam di Mts ____________
47. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JURISPRUDENTIAL INQUIRY PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ____________
48. Aplikasi
Tehnik Futuristics dalam Pengajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas
Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMA ____________
49. IMPLEMENTASI MEDIA BLOG DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) DI MADRASAH ALIYAH ____________
50. Pengaruh Majelis Ta’lim Terhadap Peningkatan Religiusitas Masyarakat Desa ___
Tidak ada komentar:
Posting Komentar